Friday, December 11, 2009

kaum intelektual?? kaum anarkis kalii..


kemarin saya bela-belain berangkat pagi-pagi ke kampus padahal jadwal kuliah saya jam 1 siang hanya demi menghindari macet karena aksi 9 desember, dan celakanya saya (dan teman-teman saya yang juga bela-belain datang pagi-pagi kekampus) ternyata jadwal ujian final yang jam 1 siang itu diundur sampe minggu depan, kebayang kan gimana dongkolnya?!
tapi pas pulang saya dapat kabar kalo aksi hari itu berakhir ricuh, bahkan KFC ratulangi yang jadi tempat nongkrong andalan sebagian besar anak muda makassar kabarnya hancur kena lemparan batu dari mahasiswa. dan betul aja malamnya pas saya nonton di berita saya bisa lihat sendiri anarkisme mahasiswa-mahasiswa di makassar udah kelewatan, belum lagi pas ada korlap dari organisasi mahasiswa yang di wawancarai dia bilang kalo itu semua akibat kalo idealisme mahasiswa di dihalangi, loh?? seharusnya kalo kalian idealis kalian ngak boleh dong bertindak kayak gitu karena idealnya bukan kayak gitu. katanya kaum intelektual, tapi kok nyatanya yang kelihatan malah kaum anarkisme yang bertindak tanpa akal sehat, mobil yang di parkir yang milik orang-orang yang ngak tau apa-apa malah di lemparin batu, yang lebih mengherankan lagi KFC dilemparin batu, apa hubungannya coba restoran cepat saji dengan aksi anti korupsi? guys dimana intelektualitas kalian? okey mungkin bukan kapasitas saya untuk mengkritik aksi kalian tapi sebagai mahasiswa saya sendiri bisa bilang kalo yang kalian lakukan itu salah besar. bukan begitu caranya memperingati hari anti korupsi, apalagi dengan pake alasan kalo kerusakan yang kalian buat itu ngak ada apa-apanya dengan jumlah yang udah dikorupsi para pejabat, loh jadi kalian mau menyelesaikan masalah korupsi dengan membanding-bandingkan kerugiannya? hellow guys kalian itu mahasiswa loh, MAHA-siswa harusnya kalian ngak boleh berpikiran sesempit itu. herannya lagi yang di jakarta bisa berlangsung damai tapi kalian yang di makassar kok ngak bisa? kalian kan sama-sama mahasiswa. kalian malah semakin membuat orang-orang menjudge kalian yang jelek-jelek. saya pernah diceritakan sama seorang dosen kalo mahasiswa makassar wawancara pekerjaan di luar, pas dia bilang kalo dia mahasiswa dari makassar, si pewawancara langsung bilang "oh yang suka bikin kericuhan itu yah?". ngak enak kan digituin sama orang lain, seolah-olah orang itu hanya menjudge kalian dari apa yang mereka dengar dari media, tapi justru kenyataannya kalian sendiri yang bikin orang menjudge kalian seperti itu. belum lagi yang mengkambing-hitamkan kultur makassar yang memang keras, guys sekeras-kerasnya kultur tapi kalo kalian masih bisa pake logika dan akal sehat kalian hal-hal anarkis kayak gitu ngak bakal terjadi. so think again guys! introspeksi apa yang kalian lakukan. apa itu yang selama ini kalian sebut idealisme? apakah memang yang ideal itu yang kayak gitu? buat orang lain menghargai dan menghormati idealisme kalian, perkenalkan idealisme kalian dengan cara yang membuat orang lain mengangguk setuju, bukan dengan cara yang membuat orang lain geleng-geleng kepala. tapi saya mensyukuri 1 hal waktu melihat tayangan aksi di tv, setidaknya saya tidak melihat ada mahasiswa jas merah yang melempar, karena jas merah itu almamater kampus saya.

No comments:

Post a Comment